Sunday, November 11, 2012

XAMPP Virtual Host (Windows OS)

Hmmm...........
Lamaaa banget ga posting, biasa sibukkk. hha :D
Oh iya gimana nih kabar Sobat Teens ?? Pasti baik kan :)

OK, untuk postingan kali ini gue mau sharing programming lagi nih, yaitu tentang membuat virtual host di XAMPP Windows.
Sedikit curhat nih ya. Kemarin gua ada tugas akhir buat website nih, awalnya gua pengen buat website yang super keren, akhirnya gue cari referensi kemana - mana akhirnya ketemu deh cara buat virtual host di komputer lokal. Website yang biasanya kita buka beralamat di http://localhost/project/ akhirnya bisa berubah jadi http://project.com/ . hha :D gimana ??? Keren kan ??? Serasa punya website premium sendiri deh :D

XAMPP

Aduuuhhh cerita mulu, caranya gimana nih ??
hha sabarrr, sebelum memulai ada yang harus diperhatikan dulu. Hal - hal yang harus diperhatikan adalah
bagi yang menggunakkan XAMPP versi 1.8.1 ke bawah mungkin tidak masalah untuk prosedur instalasi. Tetapi untuk versi 1.8.1 kalian harus install paket  Microsoft Visual C++ 2008 Redistributable dulu nih.  Karena PHP XAMPP versi ini harus ternistall Ms. Visual C++ tadi (ini penting). Kalo belum punya installernya, silahkan langsung didownload di
http://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=5582
Hmm... by the way, cara install XAMPP versi 1.8.1 udah pernah gua terangin nih sobat, kalian bisa membuka di sini.

Nah ada beberapa hal nih yang harus dipersiapkan, yang harus disiapkan antara lain:
  1. Microsoft Visual C++ 2008 Redistributable dan sudah terinstall di komputer kalian
  2. Install XAMPP. Kalo belum punya langsung download di sini ya 
    http://www.apachefriends.org/en/xampp-windows.html
Di sini gua pake XAMPP versi 1.8.1. nih sobat, kalo misalnya ada yang berbeda dengan versi gua, bisa ditanyain di mari kok.

OK langsung aja, gini nih caranya:
  1. Gue asumsikan Sobat Teens semua sudah punya folder atau directory website yang sudah dibuat  sebelumnya, di folder htdocs, dengan nama terserah kalian lah :p
  2. Buka file host yang berada di direktori C:\Windows\System32\drivers\etc
  3. Tambahkan kode seperti di bawah ini
    127.0.0.1  localhost
    127.0.0.1  project.com
    #project.com ini bisa kalian ganti dengan alamat yang kalian inginkan
  4. Sudah kan ??? Sekarang buka lagi file httpd-vhost.conf yang berada di direktori C:\xampp\apache\conf\extra
  5. Setelah kalian buka file httpd-vhost.conf tambahkan kode lagi seperti di bawah ini dan letakkan kode ini di bagian bawah:
    <VirtualHost *:80>
     ServerAdmin admin@project.com   #sesuaikan sendiri ya
     DocumentRoot C:/xampp/htdocs/project  #sesuaikan sendiri  juga
     ServerName project.com   #alamat harus sama dengan step 3
     ServerAlias www.project.com
    </VirtualHost>
    
  6. And the end, restart apache di XAMPP kalian :) (dengan menekan tombol stop dan lalu menekan tombol start kembali)
Setelah selesai semua buka website kalian dengan alamat yang dibuat tadi dan di localhost-nya. Contoh, gue punya website http://project.com/ di komputer lokal. Jadinya seperti ini:

Virtual Host
Lalu buka juga dengan cara kalian mengetikkan alamat ini di address bar browser kalian http://localhost/nama-folder-web-kalian. Gimana ?? Pasti bisa dan masih berjalan kan ?? Dan gue yakin trik ini sukses.
Ya, begitu lah cara membuat virtual host di XAMPP, gimana ??? Gampang kan ???
:)
Iya sih gampang - gampang sulit, tapi entar kalo kita biasain pasti bisa kok. Dan ada satu lagi yang pengen gua sampein ke kalian semua. Nah karena virtual host ini dijalankan di komputer lokal kalian, virtual host ini hanya bisa dijalankan sebanyak lima sampai sepuluh domain berbeda. Jadi udah lega dong, di kasih lima aja bisa jadi lima website premium buatan sendiri tuh.
hahahah :D

Ehh iya, mungkin ada yang terjadi error ?? Silahkan di tanyakan di sini ya :)
Atau mungkin ada kesalahan dan kalian ingin memberi masukkan, silahkan, gue senang hati menerima masukkan kalian.

See you in the next post ...

4 comments:

  1. Saya mau nanyak ,,, bagaimana ketika saya ketikkan localhost, kemudian query-nya ke xampp, dan ketika saya ketikkan project.com querynya ke webapp file ,, terima kasih ,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya untuk yang pakai xampp ketika kita ketik localhost itu langsung masuk folder xampp kan ?

      terus apabila kita mengetikkan project.com dan masuk ke webapp tinggal gunakkan fungsi header() saja

      semoga membantu :)

      Delete
  2. Gan, ane instal xampp di laptop ane n g ad masalah, trus ketika ane buat dokumen php n coba di browser ane, kok g keluar ap" ya?
    ane coba buat cek php nya :

    yg keluar ya tulisan scriptnya.
    server Apache sama MySQL nya jalan.
    kira-kira kenapa ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. agan alamat link projek agan udah bener belum ?
      coba dicek lagi gan
      semoga membantu

      Delete