Tuesday, November 13, 2012

Password Yang Kuat dan Aman

Halo Sobat Teens semua :)
Wihh hujan - hujan gini enaknya di depan komputer terus buka blog, terus posting deh. hhe :p
Mumpung ada kesempatan nih mumpung lagi sayang juga sama blog.
hahaha

Postingan sekarang gua mau share tentang "Password Yang Kuat dan Aman".
By the way, kalian pernah ngga password kalian bisa ditebak orang lain ?? Menurut riset kebanyakan dari banyak password yang diteliti, kebanyakan password yang digunakkan adalah password yang mudah ditebak, seperti nama panggilan, nama lengkap, tanggal lahir, dan lain-lain.

Secure Password

Nah untuk mengatasi hal itu, gua punya saran nih buat Sobat Teens yang pengen passwordnya itu powerful dan sulit ditebak orang lain. hhe :D
Bahkan black hacker pun butuh waktu lama untuk membobol password kalian ini.

So, what should you do ??
Password yang kuat dan sulit ditebak itu memiliki banyak kombinasi, dan tidak monoton. Maksudnya ada kombinasi huruf besar dan huruf kecil, ada kombinasi huruf dan angka, ada kombinasi karakter tertentu (seperti karakter tanda seru, titik, koma, bintang, pagar, dan lain - lain).

Jadi untuk membuat password yang kuat itu antara lain, perhatikan uraian berikut ini:
  1. Memakai nama kamu sebagai password. Black Hacker bisa melacak password kalian dengan cepat dengan pertama - tama biasanya yang ditebak adalah nama kalian, entah nama depan, tengah, belakang, ataupun panggilan. Jadi hindari sebisa mungkin tidak menggunakkan nama kalian.
  2. Tanggal lahir. Biasanya sih ini kelakuan teman - teman yang jail nih. Biasanya mereka juga mencoba membongkar password kalian dengan menebak tanggal lahir kalian.
  3. Password yang mudah ditebak. hhe agak rancu ya bahasanya, maap yak. Maksudnya yang mudah ditebak adalah password yang biasa di pakai dan banyak orang yang mengetahui. Contoh yang paling mudah ditebak adalah: qwerty, admin, iloveu, administrator, password, secret, dan lain - lain. Jadi hindarilah password tersebut sebisa mungkin !!! Kalau terpaksa memakai password tersebut, gunakkanlah kombinasi huruf dan angka ataupun karakter yang lain.
Tadi di atas gue bahas password yang mudah untuk ditebak, lalu, cara mengatasi kasus seperti di atas gimana ??
  1. Kombinasi password. Kombinasi untuk password adalah sangat penting. Sebisa mungkin kombinasikan password kalian dengan huruf besar ,kecil dan angka. Contoh password kombinasi seperti ini adalah: "Admin01."
  2. Gunakkan Password yang panjang (dan mudah kalian ingat). Hampir sama seperti poin nomor 1, gunakkan kombinasi juga. Contohnya adalah: #MyWordsIsMyPassword6661~
Pengen tau password kalian sekuat apa ??
Kunjungi web ini ya https://passfault.appspot.com/password_strength.html/ kalian nanti akan tau, seberapa kuat password yang kalian miliki dan berapa lama hacker bisa membobol password kalian.
hahahaha :D
Pengalaman gua sendiri nih ya, dulu pernah buat password yang lumayan kuat lah bisa di bilang. Tapi besoknya gua lupa "apa.aaannn yaa password gue kemarin" hahahaha :D
Sedikit masukkan nih buat sobat teens, kalo membuat password yang aman meskipun panjang kalian harus mengingat password itu, kalau perlu catat di notepad, untuk jaga - jaga supanya apabila terjadi lupa password bisa melihat kembali.
Atau mungkin apabila kalian menyimpan password di sebuah website bisa kalian tekan tombol "Remember Password" ketika website itu me-redirect kalian ke halaman berikutnya.

Nah sementara tips dari gua itu dulu ya, nanti kalo ada tambahan pasti gue kasi tau dahh.... hha :D
Ohh iya, Sobat Teens punya tips yang lainn juga ngga ?? Share tips di sini juga dong jangan lupa komentar ya :D

No comments:

Post a Comment