Wednesday, November 14, 2012

Apa itu Framework ?

Malam - malam dingin gini enaknya maen blog aja kali yaa... hhe :D
Daripada nganggur, mending sharing ilmu :) iya nggak :p

Postingan kali ini gua pengen share nih apa itu framework buat Sobat Teens Programmer semua.
Mungkin banyak di antara Sobat Teens yang Programmer pernah atau bahkan sehari - hari bekerja koding menggunakkan framework.
Tapi, Sobat Teens tau nggak apa itu programming framework yang sebenernya ??

FrameWork

Framework dalam dunia programming itu sama halnya dengan sebuah katrol dalam kehidupan kita sehari - hari, yaitu untuk mempermudah pekerjaan kita. Jadi dapat disimpulkan bahwa framework itu adalah
sebuah alat / tools yang dirancang untuk mempermudah pekerjaan programmer untuk membuat sebuah program.

Framework dalam dunia programming adalah untuk mempermudah, mempercepat, mengefisienkan waktu untuk membuat suatu program. Jadi, bekerja dengan framework sangat membantu pekerjaan yang relatif banyak. Contoh di bidang programming website kita bisa menjumpai banyak framework, mulai dari framework untuk server programming seperti CI, Yii, Zend untuk PHP, dan jQuery untuk JavaScript.

Framework tidak hanya terbatas pada PHP dan JS saja, contohnya seperti .NET framework, dan masih banyak lagi.

Hmm... by the way gua punya sedikit cerita nih antara gua koding pakai framework sama koding putihan (without framework).

Dulu waktu gua kelas XI masih seneng - senengnya tuh maen - maen, explore yang namanya koding, mencoba hal baru di programming tanpa menggunakkan framework. Jadi koding putihan gitu deh, masih belum kenal Framework.
Lalu dapet tugas akhir kebetulan buat website, gua koding mulai nol sampai jadi sebuah website (yang menurut gua terbaik hhe :D).
Wuhhh... Gue koding tuh website 2 minggu, dari selesai shalat subuh sampai mau berangkat sekolah, dari pulang sekolah sampai mau tidur malam. Kebayang ngga sengsaranya waktu itu. hha :D
Yahhh gapapa lah, buat pengalaman koding dasaran. hhe :p

Tapi, semenjak gua Praktik Sistem Ganda di sebuah kampus, tugas gua salah satunya juga buat website. Suat hari gua dapet satu projek yaitu membuat website e-learning, dan deadlinenya itu harus 2 minggu udah jadi dengan spesifikasi ini, itu, dan sebagainya. Wow, kaget juga pas denger itu.
Akhirnya partner gua di ruangan itu saranin gua pake framework biar kerjaan cepet selesai. Awalnya ga tau apa itu framework. Nah akhirnya dijelasin seperti di atas itu.

Terus gua pelajarin tuh framework buat server-side yaitu CodeIgneter (CI). Ngga tau juga sih kenapa di pilihin itu sama teman. Ya udah lah gapapa yang penting cepet selesai dan sesuai keinginan.
Ternyata setelah gua pelajarin dan di terapin di website yang gua buat, dan tadaaaaa........ Kerjaan selesai tepat waktu. hhe :D
Alhamdulillahhhh... :)

Nah dari situ gua mulai beranjak dari koding ga beraturan ke koding yang termanajemen. hhe :D. Jadi gua sendiri bisa ambil kesimpulan lagi tentang framework. Yaitu, selain mempermudah pekerjaan, mempercepat waktu, dan lain lain, ternyata framework bisa membuat program kita lebih terstruktur dan mudah di repair kembali apabila terjadi kesalahan.

Ohh iya pengalaman gua pake framework orang lain itu rasanya banyak yang kurang juga, ngga sesuai dengan keinginan. Tapi lama - lama gua coba - coba buat framework. Dan Alhamdulillah akhirnya bisa juga  dan jadi, meskipun masih banyak bugs dan masih banyak yang kurang sempurna, tapi gapapa lah. Yang penting gua bisa ngerti hha :D

Kapan - kapan kita bahas cara membuat framework sendiri.
OK :)

Sementara itu, menurut Sobat Teens gimana nih pengalaman pake framework ?? Bagi di sini juga dong  :)

2 comments:

  1. BTW comment gw posisi ke-1 nih :D
    ketahuan deh blog nya gak laku hohoho

    tapi nice info juragan thanks yaw ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha selamat :D
      maklum lah bro jarang update :P

      sama2 semoga membantu
      terimakasih udah nyasar ke sini ya
      hehehe :D

      Delete