Thursday, November 15, 2012

Test Website Speed

Seorang Blogger dan web develop, sangatlah penting untuk mengetahui seberapa nyamankah website yang dia miliki untuk dinikmati oleh pengunjung.
Salah satu yang terpenting adalah soal kecepatan website saat loading. Fase ini sangat berpengaruh untuk kepuasan pengunjung. Apabila website yang kita miliki itu ringan dan fast loading, maka pengunjung akan nyaman berselancar di website kita.

Test Page Speed

Website yang memiliki fast loading, sebagian besar memiliki pengunjung yang setia, dan dengan konten web yang menarik pula tentunya, hhe :D. Maka dari itu kita harus tau apa saja yang harus dilakukan agar website kita berjalan dengan cepat.
Salah satu cara untuk test kecepatan website adalah mengunjungi PageSpeed Insights. Website ini adalah salah satu produk Google yang untuk test kecepatan, dan menganalisis website.

Apabila Sobat Teens berminat, kalian bisa mengunjungi alamat https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights. Setelah itu masukkan alamat website kalian di form yang tersedia pada kotak "Enter a web page URL". Setelah itu klik tombol "ANALYZE".
Tunggu beberapa saat, penghitungan website kalian masih di dalam proses.

Setelah selesai di analisis, maka akan tampak halaman Overview untuk menunjukkan data - data yang mungkin membuat website berjalan lambat.

Pada tab High Priority, akan disebutkan apa saja yang membuat website kita berat untuk di load. Mungkin kalian setelah melihat overview ini bisa memperbaiki atau mengecilkan ukuran data yang telah disebutkan.

Hal ini sangat penting menjadi perhatian pengelola website, karena bisa mengetahui apa yang menyebabkan website berjalan lama atau lambat ataupun berat. Mungkin seperti yang gue jelasi di atas, bisa karena gambar yang terlalu besar, javascript external yang mungkin servernya javascript yang dipakai tersebut juga lambat.

Nah gua punya tips nih buat kalian yang pengen website atau blognya berjalan cepat dan ringan:

  1. Jangan gunakkan template yang berlebihan, maksudnya banyak gadget, widget, dan flash,
  2. Kurangi penggunaan javascript external, karena javascript tersebut me-load website lain dan kita tidak pernah tau website itu apakah bejalan normal lancar cepat atau lambat, karena apabila website tersebut berjalan lambat, otomatis website kita juga lama untuk me-load javascript tersebut,
  3. Gunakkan template standard blogger (untuk penggunak blogger), karena template yang disediakan blogger sudah teruji dan ringan,
  4. Kurangi penggunaan smiley pada website atau blog, karena javascript untuk smiley ini juga me-load gambar dari server website lain bro,
  5. Ketika kalian meng upload file gambar, usahakan jangan meng-upload gambar yang terlalu besar, karena bisa menghambat proses loading saat website kalian, meskipun gambar itu di resize menggunakkan kode HTML hight maupun width. Usahakan untuk meresize gambar di software pengolah gambar.
  6. Jangan menggunakkan jasa iklan yang menggunakkan banyak gambar, selain membuat load website kalian lambat, hal ini juga akan mengganggu kenyamanan pengunjung. Namun apabila terpaksa menggunakkan iklan yang menggunakkan banyak gambar, pasanglah sebagai mana mestinya agar iklan tersebut tertata dengan rapi dan tidak membua berat website ketika loading.

Semakin sedikit High Priority dan semakin banyak angka Already Done, maka bisa dipastikan, website kalian bisa dikategorikan sebagai website ringan dan cepat :)
Selain hal itu, di PageSpeed ini kalian juga bisa melihat berapa nilai yang pantas untuk website kalian, menurut gua sih nilai yang diberikan ini seperti nilai sekolah, soanya nilainya pakai angka, hahaha :D
Nah kata gua kan seperti nilai sekolah, maka kita bisa menyimpulkan kalau semakin tinggi nilai yang diberikan, entah itu delapan, sembilan, atau sepuluh, maka semakin bagus, semakin cepat, dan semakin ringan pula website yang kita miliki.

No comments:

Post a Comment