Friday, May 10, 2013

Fungsi POST - PHP

Halooo...
Ketemu lagi sobat teens, siang tengah - tengah mau ganti sore nih. Hahahaha :D
By the way, kali ini gue pengen share ilmu lagi nih buat hari ini, udah dua kali sehari nih posting, sebelumnya gua posting tentang Truncate Table MySQL dan Oracle. Nah sekarang gue posting baru lagi nihh... Sesuai dengan judul di atas yaitu POST method untuk bahasa script PHP.

Sebelumnya gue pernah posting juga tentang Fungsi GET di PHP sob. Namun, untuk menggunakkan fungsi GET untuk mengumpulkan atau submit data itu merupakan sebuah resiko. Seperti yang gue sebutin di posting Fungsi GET di PHP salah satunya
yaitu apabila ada Black Hacker mereka bisa mengisi data tanpa membuka halaman form pengisian data kalian. Nah loh ya ... Bahaya kan ??

Nahh untuk mengatasi hal yang tidak mengenakkan seperti yang gue jelasin di atas, gue punya alternatif nih. Dengan menggunakkan method "POST". Pada prinsipnya penggunaan method ini sama saja dengan menggunakkan method "GET" namun yang membedakan adalah cara aplikasi website kita untuk mengirimkan datanya.

Di sini, di kode HTML gue kasi nama index.php mempunyai struktur seperti di bawah ini:
<!DOCTYPE HTML>
<html>
<head>
<title>GET PHP</title>
</head>

<body>
<form method="POST" action="post.php">
   First Name: <input type="text" name="fname" /></br />
   Last Name: <input type="text name="lname" /><br />
   <input type="submit" value="Submit" />
</form>
</body>
</html>

Untuk kode HTML di atas ga perlu gue jelasin ya sob, kalian pasti udah pada ngerti. hehehe :D

Nah sekarang gue punya lagi nih satu file yang namanya "post.php", contoh scriptnya seperti di bawah ini:
<!DOCTYPE HTML>
<html>
<head>
<title>GET PHP</title>
</head>

<body>
First Name = <?php echo $_POST['fname'];?><br />
Last Name = <?php echo $_POST['lname'];?><br />
</form>
</body>
</html>

<penjelasan-program>
Seperti yang kita lihat di atas, terlihat pada script PHP echo kita menggunakkan method $_POST[] untuk mengambil data yang dikirimkan melalui index.php tadi. 
Untuk mengambil isi dari data yang dikumpulkan tadi, kita mengisi method $_POST[] tersebut dengan nama komponen HTML yang berada di dalam form sebelumnya. 
Untuk mengambil isi dari "First Name" kita bisa menggunakkan $_POST['fname']; karena nama komponen yang menunjuk pada first name adalah komponen text yang bernama "fname". Sekarang untuk data "Last Name" sama seperti "First Name", hanya saja, data yang kita ambil adalah komponen text HTML yang bernama "lname". 
Untuk menuliskan di halaman website, kita cukup menggunakkan echo. Memakai print pun juga bisa bro. Coba aja, kan belajar. hehehe :D
Tapi gua lebih suka pake echo sih :p
<penjelasan-program>

Nah pengertian di atas itu bisa di mengerti kan sobat ??
Pada dasarnya, penggunaan method $_POST[] dan $_GET[] itu hampir mirip, tetapi ada perbedaan yang mendasar pula dalam pengiriman data. Kalau kita pake method $_POST[] nih ya, data yang kita kirim akan dirahasiakan dari URL, berbeda dengan method $_GET[], data yang kita kirim akan tampil di dalam URL. Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi post gue di Fungsi GET di PHP.

Gue saranin untuk mengirim data melalui PHP, pakai fungsi $_POST[] aja bro, lebih aman. Sekarang coba bayangin kalau kalian kirim data kalian yang ada passwordnya. Wiihhh bahaya tuh, password kalian bakalan kelihatan di URL.

Ohh iya, mungkin kalian ada yang merasa kesulitan atau terjadi error ??
Sebagian besar error yang tertulis saat mengirim data adalah "Undefined Index: blah blah blah", nah yang ini udah gue posting di sini nih bro.
Apa kalian punya error yang lain ??
Silahkan ditanyakan di sini aja pasti gua jawab kok.

Di sini kita berbagi ilmu, dan gue juga masih belajar sob. Maka dari itu, apabila ada kesalahan dalam penjelasan di atas, kalian bisa sharing juga atau memberi masukkan buat gue sendiri.

Alright guys, see you in the next post ...
Have a nice day.

2 comments: