Wednesday, May 1, 2013

Install Compiler C++ (Linux Ubuntu 12.04)

Halo Sobat Teens. Apa kabar nih :)
Sekarang gua pengen sharing lagi nih soal install compiler C++ di OS Linux khususnya di Linux Ubuntu 12.04 nih.
By the way, mungkin kebanyakan programmer bilang kalo install compiler C++ di Linux itu sulit, ribet, dan lain-lain daripada di OS Windows yang tinggal klik ini klik itu udah selesai.
Menurut gua ngga juga sih, kita perlu terbiasa buat memakai Linux. Cuma kita butuh beberapa step aja biar kita bisa menggunakkan compiler C++ ini sobat.

Seperti yang di jelaskan di atas, kalo di Windows mah tinggal double klik file master, next - next sampai selesai. Nah di Linux ada perbedaan. Kita harus menggunakkan "Terminal" atau Ubuntu Software Center untuk media menginstallnya.
Tapi kali ini kita menggunakkan Terminal aja ya ... hehehe :D

OK mulai langsung mulai aja guys ... :D
Ini langkah - langkahnya:
  1. Buka Terminal Linux Ubuntu kalian dengan menekan tombol keyboard Ctrl + Alt + T, atau dengan klik launcher "Dash Home" lalu ketik terminal. udah kan :)
  2. Terus ketik perintah Linux seperti ini
    sudo aptitude install build-essential
  3. Setelah itu Terminal kalian akan menunjukkan space yang akan digunakkan untuk menginstall dan sisa apabila telah terinstall. Ketik "Y" apabila kalian ingin melanjutkan.
  4. Tunggu beberapa saat sampai proses Download selesai dan menunjukkan "Done"
  5. Finish !!!! Sekarang tutup terminal kalian :)
Nah sekarang kan udah keinstall tuh compilernya, sekarang kita coba buat program pertama kita, untuk mengecek apakah sudah benar instalasi compiler C++ kalian. Contohnya aja gua punya code di bawah ini:
#include<iostream>
using namespace std;
int main()
{
   cout<<"Coba aja brooo..."<<endl;
   return 0;
}
<penjelasan-program>
Untuk baris nomor 1, perlu diperhatikan bahwa setiap program C++ harus menyertakan file header. Pada contoh ini kita menggunakkan header iostream karena kita membuat program dalam bahasa C++.

Baris ke 2 kita menggunakkan namespace std; hal ini lah yang membedakan antara C++ lama dan standard.

Pada baris 3, ada method main(), yang berguna sebagai fungsi utama program dan dalam C++ kode-kode yang dibaca adalah yang berada di dalam method main() tersebut.

Terakhir yaitu baris 5, ini adalah program yang akan dieksekusi oleh compiler dan akan ditampilkan di layar console dengan perintah cout.
</penjelasan-program>
Udah kalian ketik program seperti di kan ??
Sekarang simpan file kalian itu terserah deh namanya apa aja dengan extensi ".cpp", contohnya punya gue, gue simpen pakai nama first.cpp.
OK, sekarang kita jalankan.
Untuk menjalankan program C++ di Linux ada beberapa step lagi yang harus dilakukan, pertama buka terminal lagi Ctrl + Alt + T. Lalu setelah terminal muncul ketikkan kode perintah bash di bawah ini:
g++ first.cpp -o first
./first
<penjelasan-program>
Nah di program pertama ini, kalian menemukan syntax g++, apa ini ? Nah ini adalah syntax untuk memberi tahu kepada komputer untuk di compile sebagai program c++. Setelah itu ada nama file dan extensi kalian, diikuti synytax -o dan nama output file.

Hehehe... ga usah kawatir bro, di sini gue akan tunjukkan struktur syntax tersebut.

g++ namafile.cpp -o nama_output_file
</penjelasan-program>
Gimana ??
Ngerti kan penjelasan program di atas ??

Hehehehe deg-degan ya tunggu program jalan ?
Udah deh selesai deg-degannya, nanti program C++ kalian yang kalian tulis dalam file yang berekstensi ".cpp" tadi akan tampil di terminal dengan tulisan "Coba aja brooo..."

Yes, that is. Selesai sudah program yang kita buat.
Program kita selesai dibuat.
Memang, kita harus mencoba membiasakan diri untuk memakai Linux ini. Karena kita akan banyak bermain-main dengan yang namanya Terminal. Tapi itu semua tidak masalah apabila kita sudah terbiasa.

Hmm... lumayan bingung proses compile nya ya ?? hehehe tenang aja, banyak kok IDE di Linux yang langsung bisa memproses / compile program Linux kalian dengan menekan tombol-tombol tertentu di dalam IDE tanpa harus membuka Terminal segala. Contoh IDE yang gue diskripsikan tersebut yaitu Geany. Nanti deh kapan-kapan gua kasih tau cara gimana biar bisa langsung compile di IDE Geany.
Tunggu posting gua selanjutnya bro...

Mudah - mudahan membantu ya buat kalian yang masih bingung cara menginstall Compiler  C++ Ubuntu 12.04.
Kalo ada pertanyaan, saran tau masukan, sampaikan aja dibawah sini, dan gua pasti dengan senang hati menjawab kok :)
See you guys ... :D

2 comments:

  1. saya masih binggung neh, kan kita udah buka terminal trus udah kita masukan sudo aptitude install build-essential trus kita ngecek c++ x tuh dimna apa masih lewat terminal apa gak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya lewat terminal juga biar enak
      kalo pengen tau udah keinstall apa belum coba ketik man g++ untuk melihat manual dari g++ atau dengan g++ --version untuk melihat versi dari g++ yang telah kita install tadi

      Semoga Membantu

      Delete