Wednesday, May 15, 2013

Perulangan "While Loop" - JAVA

Yups ...
Sekarang kita akan bahas perulangan lagi yaitu perulangan "While Loop" yang ada di dalam bahasa pemrograman JAVA. Setelah kemarin gue posting tentang perulangan juga yaitu tentang "FOR Loop" ternyata ada temen yang nanya nih bro selain "FOR Loop" ada apa lagi. Nah gue jawab, silahkan mampir di blog gue tercinta ini.
hahahaha :D

Langsung aja ya sobat.
Konsepnya sih ga jauh beda sama "FOR Loop", yaitu memberi perintah pada program agar bisa  mengulang baris yang diberikan untuk diulang. Dan seperti "FOR Loop", sebelum masuk blok perulangan, variable - variable harus masuk ke dalam sebuah kondisi apakah layak untuk masuk blok perulangan atau tidak, apabila iya, maka perulangan akan dijalankan, dan apabila dia tidak memenuhi kriteria, maka program akan keluar.

Pada dasarnya, struktur perulangan "While Loop" dalam bahasa JAVA tidak jauh berbeda dengan bahasa pemrograman lain. Nih gue kasih struktur sederhananya:
inisilaisasi_variable
while(kondisi){
 // statement yang akan di ulang
 iterasi
}

<penjelasan-program>
Dari struktur sederhana di atas, kita bisa melihat dengan jelas. Di mana menempatkan variable dengan nilai awalnya, kondisi, dan untuk iterasi yaitu increment atau decrement.
</penjelasan-program>

Mungkin kalian sedikit bingung ya liat kode sekilas di atas ?
Sekaraang gue kasih contoh nih sob, perhatikan baik - baik :
public class While1{
 public static void main(String[] args){
  int i=1;
  while(i <= 10){
   System.out.println(i);
   i++;
  }
 }
}

<penjelasan-program>
Program di atas adalah sebuah program jadi yang siap untuk dijalankan, Di situ kita lihat struktur umum bahasa Java mulai syntax class sampai akhir. 
Nah bahan bahasan di sini adalah langsung saja kita liha pada syntax while. Syntax ini akan mengulang statement yang ada di dalam System.out.println();. Tetapi, sebelumnya kita definisikan dulu, type dari variable dan nilai awalnya. Di sini kita menggunakkan nilai awal yaitu 1 "satu". 
Setelah itu di bawah inisialisasi variable kita langsung gunakkan syntax while yang berguna untuk mengkondisikan terlebih dahulu. Di dalam while ini, program akan ditanyakan, apakah nilai i tadi lebih kecil atau sama dengan 10 "sepuluh" ? Nah karena kita masukkan angka 1 "satu", otomatis dia lebih kecil dari 10 "sepuluh" kan ? Maka, angka 1 "satu" akan dituliskan dengan perintah System.out.prinln();
Setelah ditampilkan kita harus mendefinisikan apakah variable sebelumnya akan ditambahkan (increment) atau dikurangi (decremeent). Dalam kasus ini, kita gunakkan increment, karena kita berikan nilai dari variable i agar bisa mencapai angka 10 "sepuluh".
</penjelasan-program>

Kalian pasti tau kan output dari program di atas ??
Yups bener banget sobat, output di atas akan menampilkan angka 1 sampai 10 secara berurutan ke bawah.

CATATAN: Jangan pernah lupa sob buah nambahin syntax untuk iterasi yaitu buat menaikkan (increment) nilai variable atau menurunkan (decrement) nilai variable. Perlu diperhatikan juga, kalian juga harus tau, variable kalian harus ditambah atau dikurangin.
Secara logika, apabila nilai awalan variable kalian adalah kurang dari kondisi yang dikondisikan dalam syntax while, maka iterasi harus lebih kecil sob. Dan sebaliknya, apabila awalan variable kalian itu lebih dari kondisi yang ada di syntax while, maka kalian harus menambahkan iterasi untuk mengurangi (decrement).
Nah catatan ini jangan sampai dilupain sob. Bisa - bisa program kalian ga mau berhanti buat looping nilai.
Hehehehe :D
Pasti kaget kan ??

Setelah panjang lebar di atas, sekarang gue kasi yang decrement ya biar kalian bisa bedain, nih sob source code nya:
public class While2{
 public static void main(String[] args){
  int i=10;
  while(i >= 1){
   System.out.println(i);
   i--;
  }
 }
}

<penjelasan-program>
Nah untuk program "While Loop" ke dua ini, kita bisa simpulkan kalau progam ini bakalan nampilin angka sepuluh sampai satu secara berurutan. Kenapa ? Karena kita berikan nilai awal dari variable i yaitu dengan sepuluh, dan di dalam struktur while loop kita kondisikan kalau nilai dari variable lebih dari atau sama dengan 1, maka program akan dijalankan secara mengulang.
Nah, karena nilai 10 lebih dari angka 1, otomatis program dijalankan, dan outputnya akan menampilkan angka 10 sampai 1 bro.
</penjelasan-program>

Gimana sob, udah ngerti sama penjelasan di atas ??
Udah gue kasi contoh source codenya juga kok pasti bisa deh :)

By the way, apa kalian merasa kesulitan ?? Kalau iya, tanyain di sini sob, jangan sungkan, pasti gua jawab kok selama gua bisa.
Dan satu lagi pesen gue buat kalian. Learning by Doing sob,  biar kalian makin asyik buat programming :)
hehehe :D

Untuk posting tentang "Do-While" Loop di tunggu sob, pasti gua update kok.
See you ...

2 comments: