Wednesday, May 15, 2013

Perulangan "Do-While Loop" - JAVA

Wiiihhhh...
Malem - malem dingin hujan gini enaknya makan cemilan, di depan laptop terus update blog deh. hahaha :D
Sekarang, gue mau share ilmu lagi nih sekali lagi tentang perulangan. Yups, perulangan di dalam bahasa pemrograman JAVA nih sob.
Satu lagi yaitu perulangan "DO-WHILE LOOP". Setelah yang sebelumnya gue posting tentang Perulangan "FOR LOOP" - JAVA dan posting tentang Perulangan "WHILE Loop" - JAVA. Itu semua juga program perulangan sob.
Nah, yang ada di dalam program JAVA itu ada 3 sob, selain yang gue sebut di atas yang satu lagi ya ini bro yaitu → Perulangan "Do-While Loop".

Langsung check this out brother ...
Pada dasarnya, semua perulangan di dalam java atau bahasa pemrograman yang lain itu sama. Pengertian dari perulangan itu sendiri adalah suatu proses di dalam program yang dapat mengeksekusi satu statement yang sama secara berulang sampai ditemukan kondisi untuk berhenti.
Ngerti kan sob pengertian di atas barusan ??

Nah to the point sekarang. Kalian tau ngga beda perulangan for, while, dan do-while di dalam bahasa pemrograman ?
Nah untuk perulangan for dan while ini memiliki sedikit persamaan, yaitu, program akan melihat kondisi dahulu, apabila kondisi itu belum terpenuhi, maka program akan tetap dijalankan. Nah apabila kondisi tersebut sudah dipenuhi, maka program tersebut akan berhenti melakukan proses perulangan.

Bedanya sama perulangan do-while nih sob, kalo for sama while kan dikonidisikan terlebih dahulu baru melakukan perulangan. Terus kalau do-while, program pasti akan dijalankan minimal satu kali, dan setelah itu dikondisikan.
Lohh kenapa kok pasti satu kali ? Iya lah pastinya, coba lihat struktur dasar program do-while di bawah ini:
do{
     //statement di sini
     iterasi;
}while(kodisi);

Gimana sob, udah ngerti kan kenapa program di atas harus di jalankan minimal satu kali ?
Siapa yang tau ??
Yups... Program yang menggunakkan do-while dijalankan minimal satu kali karena mereka memerintahkan program terlebih dahulu dengan kata kunci do.
Nih kalau ditranslate pake bahasa Indonesia-nya kayak gini nih kira - kira:
  1. Lakukan blok yang ada di dalam bracket (kurung kurawal)
  2. Setelah melakukan kurung kurawal di atasnya, lakukan lagi dengan iterasi (increment / decrement)
  3. Setelah itu, kalo udah di iterasi, kini waktunya untuk dikondisikan, apakah variable yang berjalan masih memenuhi kriteria atau sudah tidak memenuhi kriteria lagi.
  4. Apabila masih memenuhi kriteria yang ditentukan, jalankan program untuk loop. Tetapi apabila tidak memenuhi lagi, program keluar
Hehehe :D
Udah jelas kan sob dari translate program yang gue jelasin di atas ??

Apa perlu gue kasi contoh program biar makin ngerti ??
Ok,  sekarang gue kasi deh, nih perhatikan baik - baik contoh di bawah ini:
public class DoWhile{
   public static void main(String[] args){
      int i=1;  // kita inisialisasikan variable dan nilai awalnya
      do{
          System.out.println("Print me !!!");
          i++;
      }while(i < 6);
   }
}
<penjelasan-program>
Gimana sobat ?? Struktur di atas hampir mirip sama dengan Perulangan "WHILE Loop" - JAVA bukan ?? Ya, hampir mirip, perbedaannya udah gue jelasin di atas. 
Ada yang tau tulisan "Print Me !!!" di  program tersebut ditulis berapa kali ?? Yupss... Bener sob, tulisan "Print Me !!!" itu bakalan ditulis sebanyak lima kali. Loh kok lima kali ?? Iya karena pertama kita inisialisasikan variable dan kita beri nilai awalnya yaitu dengan angka 1 "satu". 
Setelah itu, program akan mencetak tulilsan yang ada di dalam System.out.println(); inget minimal satu kali, setelah itu dilakukan proses iterasi increment. 
Nah blok terakhir adalah blok pengkondisian, program akan melihat, variable i tersebut apakah kurang dari 6 "enam" atau tidak, apabila "iya" kurang dari 6, maka program akan dilanjutkan, setelah itu, nilai dari variable i akan bertambah terus karena proses iterasi. 
Setelah variable mencapai angka 6 maka program akan dihentikan dan keluar. Soalnya kan angka 6 itu sama dengan 6 sob bukan kurang dari 6. Nah kalo kita kasi tanda kurang dari atau sama dengan ( <= ) enam, maka program ini akan di-loop sebanyak 6 kali.
<penjelasan-program>

Dari penjelasan di atas mungkin sobat teens ada yang kurang mengerti ?
hehehe ...
Jelas sob, karena belum kalian coba. Sekarang coba kalian terapkan dan kalian coba buat program serupa seperti di atas. Gimana hasilnya ??

Siibb :)
Program berjalan lancar.
Mungkin ada di antara kalian yang merasa kesulitan atau mungkin terjadi error ?? Silahkan tanyakan aja di bawah sini sob. Pasti gue bales kok pertanyaan kalian.

OK sekian dulu post tentang perulangan di dalam JAVA, mungkin nanti ada kesempatan lagi pasti gue share lagi ilmunya.
Ditunggu ya ...
hehehe ...

1 comment: