Wednesday, October 10, 2012

Syarat Menjadi Programmer (Pemula)

Waaahhhh alhamdulillah akhirnya posting ke 2 dalam sehari.
Rekor baru nih, hhe :p

Cita - cita gue posting mulai pertama punya akun blogger nih sobat yaitu posting tentang "Programming".
Hmm... Sebenernya gue ga pro dalam hal programming, tapi gue pengen sharing ilmu nih buat sobat yang pengen belajar programming. Tapi sebelum meluncur ke dunia "Programming" ada yang harus perlu di ketahui nih syarat - syarat jadi programmer.

Kita lihat dari judul ada kata "Pemula". hhe :p gue mau sharing soalnya gue juga programmer pemula bro belum professional. :D
Programmer
Jujur Sobat Teens, gue bukan professional programmer, gue bisa dibilang masih newbie. Tapi gue pengen share gimana sih syarat - syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi programmer ?
Nah pengalaman gue sama salah satu temen yang udah programmer professional nih. Ada beberapa dasar yang harus dipenuhi secara mutlak. Antara lain:
  1. Cinta dunia IT (khususnya komputer). Nih syarat wajibnya, kalo ga cinta sama komputer gimana mau main sama program, iya ngga ?? hhi :D
  2. Ngga boleh cepat menyerah. Jujur, banyak temen - temen gue pertama baru masuk SMK dulu (termasuk gue sih hhe :p) bosen banget sama pelajaran awal yaitu "Algoritma" pemrograman, yang harus buat flowchart lah, yang harus nyusun logika lah, dll. Tapi di situlah awal kita nanti akan menjadi programmer professional. Seperti kita akan mengerjakan soal matematika perkalian, kita harus bisa penjumlahan dasar dulu, karena perkalian itu penjumlahan bertingkat, benar kan ?? hhe :p. Percuma kalo programmer itu gampang nyerah, niscaya program sobat ga bakalan jadi deh. Mangkannya buang jauh - jauh yang namanya "nyerah"
  3. Kreatif. Syarat ini wajib dimiliki setiap programmer. Karena selain membuat program nantinya kita juga harus bisa mengembangkan program yang ada maupun yang akan kita buat.
  4. Kerja Sama. Semua pekerjaan paling mudah bila dikerjakan secara berkelompok. Tapi fakta di lapangan gue lihat tuh banyak yang main programming sendiri semua, padahal tugas yang diberikan harus tim. Programmer harus bisa kerja sama dalam tim.
  5. Jangan cepat frustasi. Seperti nomor 2 di atas, banyak banget programmer di luar sana yang frustasi karena kerjaan mereka, karena mereka tidak mau mengerjakan poin nomor 4 sobat. Jujur ya, emang berat jadi programmer kalo ditarget banyak kerjaan apa lagi kita harus siap begadang kalo kerjaan harus selesai besok.
  6. Harus bisa menyelesaikan masalah. Programmer di dunia banyak yang pintar soal menyelesaikan masalah programnya. Salah satunya main - main ke Google. Karena dunia programmer dituntut untuk bisa cepat menyelesaikan masalahnya. Tidak hanya bertanya ke Google, kalian bisa memanfaatkan fasilitas forum online yang tersedia seperti KasKus, dan lain - lain. Di sana kalian pasti mendapatkan jawaban yang kalian inginkan.
  7. Pintar bermain logika. Dunia programming itu ngga jauh dari dunia Sains dan Matematika. Jadi siapkan diri untuk berkreasi dengan otak kalian untuk otak - atik logika.
  8. Penasaran. Maksudnya apabila kalian menemukan kesulitan di suatu kode, kalian tidak boleh meninggalkan kode itu berlarut - larut menjadi bugs program. Tapi kalian harus bisa menyelesaikan itu dengan sifat kalian yang suka penasaran dengan masalah yang harus cepat diselesaikan.
  9. Rajin, tekun, ulet. Nih seperti yang gue jelasin di poin 5, yaitu "Siap Begadang". Karena kalian harus rajin mengerjakan program kalian dengan tekun dan ulet.
Tips di atas mungkin masih jauh dari sempurna, ini gue share karena gue pengen share pengalaman sebagai seorang programmer pemula. Mungkin Sobat Teens yang berprofesi programmer bisa menambahkan tips di atas. Atau mungkin juga ada yang perlu di ralat dari tips di atas. hhe :D
Sharing tentang pengalaman kalian selama jadi programmer ya. Soalnya semakin kalian banyak berbagi semakin banyak pahala kalian. hhe :D
Kalo kalian merasa referensi ini bermanfaat, berikan komentar di bawah ini ya sob :)

13 comments:

  1. Tips'nya bagus, bro..
    Salam kenal..

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. aku relative :D
      java, C++, php
      tapi ga semua bahasa pemrograman aku kuasai
      hehehe :D

      Delete
  3. Ya benar, saya setuju. kuncinya adalah logika. gerbang logika yang diwujudkan dalam bentuk algorithma merupakan cara baca bahasa pemrograman

    ReplyDelete
  4. oh jadi progammer itu gak harus menguasai banyak bahasa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah kalo itu sih menurut aku sendiri
      tapi menurut dosen sama guruku dulu juga gitu :D

      kuasai 1 atau 2 bahasa pemrograman nanti bakalan bisa bahasa pemrograman yang lain, karena konsep logikanya semua sama

      Delete
  5. sangat bermanfaat bos.... kunjungi blog saya dan kalau bisa di beri kritik dan saran

    itkampung.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah deh bermanfaat

      siap meluncur tkp bro

      Delete
  6. kalau mau jd web programmer peralatannya apa aja yg dibutuhkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo pengen jadi programmer yang penting buku panduan , terus IDE yang mendukung
      gitu aja
      terus sering2 latihan juga :)
      semoga membantu

      Delete