Tuesday, October 16, 2012

Belajar Website Mulai Awal

Bismillah hirrahmannirrahimm....

Selamat pagi menjelang siang Sobat Teens
hehehe... :D

Posting baru lagi nih
Kali ini gue pengen sharing "Apa aja sih yang harus dipelajari sebelum membuat website ?"
Di postingan gue ini buat Sobat Teens yang pengen tau bagaimana untuk memulai membuat website.
Banyak sih temen - temen gue yang bertanya seperti pertanyaan di atas.
Akhirnya gue punya inisiatif sharing di sini juga :D


Source Code


Nih gue punya tips buat kalian yang pengen belajar website mulai dari "Nol":
  1. Pelajari tag - tag dasar dari HTML.
  2. Pelajari CSS.
  3. Pelajari JavaScript.
  4. Pelajari dynamic page script seperti PHP atau JSP atau ASP.
  5. Pelajari database, terserah kalian ingin database model seperti apa hhe :p, entah MySQL, Oracle atau yang lain.
  6. Nah setelah langkah ke lima, kalian bisa langsung belajar mengimplementasikan dynamic page script kalian dengan database yang telah kalian pelajari sebelumnya.
Kalau bisa mempelajari tips di atas harus ber-urutan supaya nanti apabila ke urutan yang lebih ke bawah lebih mudah.
Karena Dasar dari website itu HTML, CSS, dan JavaScript.
Setelah kalian mahir menggunakkan HTML, CSS, JavaScript, Framework, dan varian yang lainnya. Kalian bisa mengenal lebih dalam tentang website itu sendiri. Seperti sekarang ada yang namanya HTML5, CSS 3, Framework JavaScript dan CSS seperti bootstrap, jQuery, dan lain -lain sobat.
Gua yakin itu semua mudah dipelajari dan dilakuin kok, selama kalian mau belajar.

Nah itulah urutan - urutan yang harus dipelajari untuk membuat website.
Supaya Sobat Teens lebih mengerti lagi, kalian bisa belajar di website favorit gue. Di sini nih tempat gue biasa main buat asah ilmu website gua:
  1. W3Schools. Kalian di sini bisa belajar banyak tentang website, mulai dasar - dasar website, tag -tag dasar HTML, CSS, JavaScript. Dan kalian bisa langsung mencoba kode kalian langsung di website ini sobat. Keren kan ??
  2. PHP.net. Ini gua suka banget. Karena di sini lengkap banget tentang membuat website yang berbasis PHP. Mulai PHP dasar sampai PHP OOP sob.
  3. Css-tricks. Nih buat yang suka dengan tampilan keren nih. Kalian bisa belajar di sini buat memperindah tampilan website kalian dengan  menggunakkan CSS. Ohh iya di sini versi CSS berapapun sampai CSS 3 sudah update semua sob, kalian bisa mengikuti formunya apabila kalian mau.
  4. JavaScript (Dasar). Nih sebelum kalian belajar jQuery, kalian harus belajar JavaScript dasar nih. Di dalam website ini, kalian akan diajari apa saja yang terdapat di JavaScript, diajari membuat fungsi sampai aplikasi website berbasis JavaScript.
  5. jQuery (JavaScript Library). Tools atau Framework ini digunakkan untuk membuat tampilan JavaScript kalian semakin powerful sobat. Tidak hanya itu, di sini juga bisa membuat animasi dari gabungan JS dan CSS. Keren banget sob.
Tuh udah lengkap kan referensi belajar membuat website yang udah gua share ??
hhe :D
Makin semangat kan belajar websitenya ???
Tunggu apa lagi sobat, belajar sekarang lebih baik daripada belajar nanti. LEARNING BY DOING.

OK
Semoga postingan kali ini bermanfaat buat Sobat Teens yang ingin belajar website.

Jangan lupa sharing tips kalian yang lain ya :)

1 comment: