Monday, October 22, 2012

Koneksi Java ke Database Oracle 11g

Hallo Sobat Teens Semuaa... :)
Gimana nih kabarnya hari Senin ini
Pasti baik dong, awal minggu nih, hhe :p

Udah lama ga posting nih, sekarang gua mau postin tentang “Koneksi Java ke Database Oracle 11g".
Banyak temen - temen yang nanya "Gimana sih cara koneksi java ke oracle ini, sulit banget". Dari situ gue punya inspirasi buat bantu temen - temen. Kebetulan gua juga lagi sibuk - sibuknya main oracle. hhe :p
Java Oracle Logo
OK...
Let's begin ...
Yang mau gue sampaikan dulu, gue di sini pakai tools sebagai berikut:
  1. Eclipse IDE for Java Developers (Indigo R2) - http://www.eclipse.org/.
  2. JDK 1.7.0_07 - http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/index.html.
  3. Oracle Database XE 11.2.0.2.0 - http://www.oracle.com/technetwork/database/index.html.
Nah udah kan :)
Itu gua sampaikan soalnya apabila Sobat Teens memakai versi tools yang tidak sama seperti di atas lalu ada kesalahan / error, bisa ditanyakan di sini.

Alright...
Gue asumsikan Sobat Teens sudah install Eclipse IDE, JDK, dan tentunya Oracle database.
Nih stepnya:
  • Turning On dulu database oracle kalian apabila belum ON.
  • Buka Eclipse, buat project baru untuk test koneksi database (File - New - Java Project).
  • Udah buat project java baru kan ? Lalu buat Class kalian masing - masing, di sini gue buat Class yang namanya OracleConnect.java. Gak usah gue terangin ya, udah bisa kan buat Class baru. hhe :p
  • Sudah dibuat kan Classnya tadi ?? Sekarang, import library Oracle yang sudah terinstall di komputer kalian. Tempatnya biasanya di sini nih: {oracle_install_path}\app\oracle\product\{oracle_version}\server\jdbc\lib. Nanti kalian akan menemukan 3 jdbc jika menggunakkan oracle 11.2g, nih gue ga ngerti di oracle versi sebelumnya jumlah jdbc yang tersedia juga sama 3 atau berbeda. Apabila menggunakkan Oracle 11.2.0.2.0 akan ada 3 jdbc yang tersedia yaitu ojdbc5.jar, ojdbc6.jar, dan ojdbc6_g.jar.
  • Sekarang, kembali ke Eclipse. Klik kanan nama project yang kalian buat tadi di tab "Package Explorer". Setelah itu klik Properties.
  • Setelah muncul jendela, Properties, pilih menu "Java Build Path", klik tab Libraries.
  • Setelah masuk tab Libraries, klik tombol "Add External Jars..."
  • Akan muncul jendela explorer untuk mencari lokasi JDBC. Carilah file .jar yang bernama "ojdbc6_g.jar" yang terletak di folder instalasi oracle (seperti yang ditunjukkan point ke empat), pilih dengan klik file tersebut, lalu buka dengan menekan tombol "Open".
  • Nanti di tab Libraries apabila berhasil import paket jar, maka akan tampil daftar Libraries yang tersedia, termasuk JDBC oracle tadi.
  • Klik OK. Sampai di sini, Instalasi JDBC driver Oracle di Eclipse kalian telah berhasil.
  • Untuk test apakah benar JDBC telah bekerja. Silahkan tambahkan script seperti gambar di bawah ini:
    package oracleConnect;
    
    public class OracleConnect{
     
     /**
      * @params args
      */
     public static void main(String[] args){
     // TODO Auto-generated method stub
      try{
       String className = "oracle.jdbc.driver.OracleDriver";
       Class dirverObject = Class.forName(className);
       System.out.println("Driver Object \t:+driverObject");
       System.out.println("Instalasi JDBC Oracle berhasil ...");
      }catch{
       e.printStactrace();
      }
     }
    }
  • Selesai :)
Hm.............
Alhamdulilla akhirnya selesai juga
Oh iya hampir lupa, nanti hasil yang ditampilkan di console apabila di jalankan harus tampil seperti ini:
Driver Object     : class oracle.jdbc.driver.OracleDriver
Instalasi JDBC Oracle berhasil ...
Sementara cuma itu yang bisa gua share untuk "Koneksi Java ke Database Oracle 11g".
Mungkin Sobat Teens yang udah belajar, dan mencoba lalu mengalami kesulitan ?? Atau , terjadi Error ??
Silahkan tanyakan saja ke sini, insyaAllah kalau gue bisa jawab langsung gue jawab :)
OK :p
See ya ...

No comments:

Post a Comment